Adab Makan Rasulullah Muhammad SAW
Makanan di Masa Sekarang Yang Beraneka Ragam

Adab Makan Rasulullah Muhammad SAW

Posted on

Sahabat Muslimin dan Muslimat, Rasulullah Muhammad SAW tidak pernah kenyang selama hidupnya, bahkan lebih banyak dan lebih sering lapar

Adab Makan Rasulullah Muhammad SAW
Makanan di Masa Sekarang Yang Beraneka Ragam

Apabila kita amati, mengapa ragam penyakit yang mendera di era yang lalu tidak separah dan tidak seberat saat ini. Apa sebab?

Ternyata jawabannya adalah  kesederhanaan seseorang dalam mengkonsumsi makanan sehari-harinya

Baca Juga : 6 Tausiyah Penting Imam Al Ghozali Bagi Kehidupan Kita

Kesederhanaan dalam hal makan ini telah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Beliau sangat sederhana saat menyantap makanan yang beliau konsumsi sehingga beliau menjadi insan yang sangat sehat, baik secara fisik maupun secara qolbu.

Kesederhanaan Rasulullah Muhammad SAW terhadap hal konsumsi makanan sehari-hari sebenarnya mampu kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari kita, artinya kesederhanaan seseorang saat mengkonsumsi makanan sehari hari lah yang menentukan sedikit atau banyaknya penyakit, yang kalaulah itu menjadi takdir untuknya, meski hal ini belumlah menjadi faktor penentu yang utama

Tetapi, Apabila kita mencontoh Rasulullah Muhammad SAW dalam hal makanan, maka kita akan mendapati bahwa beliau tidak pernah kenyang selama hidupnya, bahkan beliau lebih banyak dan lebih sering lapar daripada kenyang atau kekenyangan, Kebanyakan makan atau kekenyangan memang salah satu penyebab lemahnya keyakinan seseorang.

Percaya atau tidak, dewasa ini Ragam depot makanan dan bermacam-macam makanan  yang disajikan saat sekarang plus dengan banyaknya sekali bahan-bahan sintetis didalamnya, sangat mengundang selera kita untuk mengkonsumsinya, Namun sebenarnya manusia yang bijak ialah manusia yang memperhatikan sekali apa yang masuk ke dalam perutnya, sehingga semakin sederhana makanan yang ia makan dan semakin alami, maka semakin kecil peluang manusia mengalami sakit yang berat.

Oleh Karena itu, jangan tanya kenapa manusia saat ini banyak mengalami keluhan dan sakit sakit yang sedikit banyak menganggu aktifitas sehari-hari kalau yang dikonsumsi ialah masakan “sampah” atau makanan minuman yang memang tidak layak masuk ke dalam badan manusia.

Tinggal kita sendiri yang dapat mengontrol, selama ini lebih banyak kita makan untuk memenuhi hawa nafsu lebih mayoritas atau justru makan benar benar hanya sekedar memuaskan lidah, bahasa sederhananya, lezat di mulut, sampah di perut.

Demikian Adab Kesederhanaan Rasulullah dalam hal memakan makanan. Semua yang dicontohkan Rasulullah adalah baik. Mari kita selalu berusaha dapat mencontoh apa yang dilakukan beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.